pembahasan kita meliputi :
- Apa itu IMK.
- Siapa saja yang terlibat dari IMK.
- Konsep dasar IMK.
- APA ITU INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris:
human–komputer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan
implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan
elektronik antara manusia dengan komputer. Sedangkan interaksi manusia dan
komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan
oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik (feedback) melalui sebuah antarmuka (Interface)
untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Seperti contohnya interaksi antara manusia (disebut:User)
dengan paket Office word processing yang sering digunakan, umumnya berbasis
menu dan dikelompokkan untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu
tersebut. Misalnya pilihan “Save” dan “Delete” disebut sebagai “Operasi
File” jika user kurang teliti atau tidak sengaja terpilih Delete
padahal yang diinginkan user adalah Save, maka akibatnya akan terhapus
bukannya tersimpan. Walaupun akibat kesalahan tersebut tidak fatal, tetapi
dapat merugikan user.
Kenapa bisa terjadi kesalahan tersebut?, padahal
komputer sudah dirancang sedemikian rupa agar mudah penggunaanya (User
Friendly) dan mudah untuk digunakan (Easy to use). Maka dari itu
dibutuhkan pemahaman antara interaksi manusia dengan komputer. :)
- SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DARI IMK
1.
Ilmu Komputer (desain
aplikasi dan teknik human interface)
2.
Psikologi (aplikasi dan
teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
3.
Sosiologi & antropologi
(interaksi antara teknologi,work, dan organisasi)
4.
Industrial design (produk
interaktif)
5.
Teknik sipil (infrastruktur
fisik)
6.
Teknik mesin (robotika)
- KONSEP DASAR IMK
Interaksi antara pemakai dengan sistem sudah terjadi pada saat seseorang
memasang suatu roda. Bagaimanapun, karena pengenalan komputer merupakan hal
yang penting dan perlu perancangan dialog kompleks dimana interaksi antara
masukan user dan keluaran fungsional dari suatu sistem menjadi sesuatu yang
lebih menarik. Interaksi manusia komputer timbul secara tersembunyi dari para
perancang sistem elektronik dan sistem perangkat lunak; pada suatu ketika
perintah writeln (pascal) dan printf (C) merupakan metode yang sederhana
dalam menampilkan keluaran data dari suatu program komputer; saat ini telah
menjadi suatu penjelasan dialog yang kompleks antara manusia dan sistem.
Tetapi dimana metode perancangan untuk permasalahan rekayasa konvensional
dan ilmu komputer adalah untuk sebagian besar bagian pengembangan dan
dokumentasi yang baik, komunikasi yang efektif antara pemakai dilihat untuk
menyajikan suatu interaksi dan masalah yang tidak dapat diduga dimana
penyelesaiannya masih kabur pada lingkungan yang tidak dapat ditentukan.
Lingkungan yang terbatas dari fakta-fakta ekperimental dan level primitif
dari suatu teori formal dalam ilmu kemanusiaan sangat kontras dengan metode
formal yang terbukti, elegan dan tepat dimana tersebar luas dalam rekayasa dan
ilmu komputer. Hasilnya, interaksi manusia komputer memperoleh perhatian yang
sangat sedikit dari para perancang sistem, walaupun mungkin sebagian besar
dapat mengenai setiap tahap pada perancangan suatu sistem. Tidak ada perancang
sistem yang lengkap kemampuannya tanpa melengkapi pengetahuan tentang interaksi
manusia komputer, beberapa ‘rancangan’ antarmuka komputer masih mengabaikan
masalah ini. Akibatnya, mereka menyandarkan pada daya lentur dan adaptasi
manusia untuk mengimbangi kelemahan desain yang dibuat.
Kita mulai dengan asumsi bahwa sebagian besar sistem rekayasa
merupakan alat; pelatihan digunakan untuk menambah dan menyaring kemampuan
mekanis dari tangan manusia; transportasi merupakan alat untuk menggerakkan
manusia pada suatu kenyamanan dan kecepatan; perlengkapan rumah tangga menyediakan
dukungan untuk berbagai aktifitas di rumah; sistem komputer merupakan alat
untuk mendukung pengolahan informasi. Dengan semua sistem ini, tujuan
perancangan adalah untuk optimalisasi unjuk kerja manusia dan mesin
bersama-sama dalam suatu sistem.
TUGAS KEDUA TENTANG USABILITY
TUGAS KEDUA TENTANG USABILITY
Tidak ada komentar:
Posting Komentar