Selasa, 30 April 2013

Interaksi Manusia dan Komputer

Pada pembahasan kali ini saya akan menulis artikel mengenai Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Mengapa dan apa itu IMK, siapa saja yang terlibat di dalamnya dan bagaimana konsep dasar dari dalamnya.
pembahasan kita meliputi :
  1. Apa itu IMK.
  2. Siapa saja yang terlibat dari IMK.
  3. Konsep dasar IMK.


  • APA ITU INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)
 
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–komputer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik antara manusia dengan komputer. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik (feedback) melalui sebuah antarmuka (Interface) untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Seperti contohnya interaksi antara manusia (disebut:User) dengan paket Office word processing yang sering digunakan, umumnya berbasis menu dan dikelompokkan untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu tersebut. Misalnya pilihan “Save” dan “Delete” disebut sebagai “Operasi File” jika user kurang teliti atau tidak sengaja terpilih Delete padahal yang diinginkan user adalah Save, maka akibatnya akan terhapus bukannya tersimpan. Walaupun akibat kesalahan tersebut tidak fatal, tetapi dapat merugikan user.

Kenapa bisa terjadi kesalahan tersebut?, padahal komputer sudah dirancang sedemikian rupa agar mudah penggunaanya (User Friendly) dan mudah untuk digunakan (Easy to use). Maka dari itu dibutuhkan pemahaman antara interaksi manusia dengan komputer. :)

  • SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DARI IMK
 
1.      Ilmu Komputer (desain aplikasi dan teknik human interface)
2.      Psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
3.      Sosiologi & antropologi (interaksi antara teknologi,work, dan organisasi)
4.      Industrial design (produk interaktif)
5.      Teknik sipil (infrastruktur fisik)
6.      Teknik mesin (robotika)


  • KONSEP DASAR IMK
 
Interaksi antara pemakai dengan sistem sudah terjadi pada saat seseorang memasang suatu roda. Bagaimanapun, karena pengenalan komputer merupakan hal yang penting dan perlu perancangan dialog kompleks dimana interaksi antara masukan user dan keluaran fungsional dari suatu sistem menjadi sesuatu yang lebih menarik. Interaksi manusia komputer timbul secara tersembunyi dari para perancang sistem elektronik dan sistem perangkat lunak; pada suatu ketika perintah writeln (pascal) dan printf (C)  merupakan metode yang sederhana dalam menampilkan keluaran data dari suatu program komputer; saat ini telah menjadi suatu penjelasan dialog yang kompleks antara manusia dan sistem.
Tetapi dimana metode perancangan untuk permasalahan rekayasa konvensional dan ilmu komputer adalah untuk sebagian besar bagian pengembangan dan dokumentasi yang baik, komunikasi yang efektif antara pemakai dilihat untuk menyajikan suatu interaksi dan masalah yang tidak dapat diduga dimana penyelesaiannya masih kabur pada lingkungan yang tidak dapat ditentukan. Lingkungan yang terbatas dari fakta-fakta ekperimental  dan level primitif dari suatu teori formal dalam ilmu kemanusiaan sangat kontras dengan metode formal yang terbukti, elegan dan tepat dimana tersebar luas dalam rekayasa dan ilmu komputer. Hasilnya, interaksi manusia komputer memperoleh perhatian yang sangat sedikit dari para perancang sistem, walaupun mungkin sebagian besar dapat mengenai setiap tahap pada perancangan suatu sistem. Tidak ada perancang sistem yang lengkap kemampuannya tanpa melengkapi pengetahuan tentang interaksi manusia komputer, beberapa ‘rancangan’ antarmuka komputer masih mengabaikan masalah ini. Akibatnya, mereka menyandarkan pada daya lentur dan adaptasi manusia untuk mengimbangi kelemahan desain yang dibuat.
Kita mulai dengan asumsi bahwa sebagian besar  sistem rekayasa merupakan alat; pelatihan digunakan untuk menambah dan menyaring kemampuan mekanis dari tangan manusia; transportasi merupakan alat untuk menggerakkan manusia pada suatu kenyamanan dan kecepatan; perlengkapan rumah tangga menyediakan dukungan untuk berbagai aktifitas di rumah; sistem komputer merupakan alat untuk mendukung pengolahan informasi. Dengan semua sistem ini, tujuan perancangan adalah untuk optimalisasi unjuk kerja manusia dan mesin bersama-sama dalam suatu sistem.

TUGAS KEDUA TENTANG USABILITY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar